Jenis Internet Marketing untuk Meningkatkan Profit Perusahaan

Internet marketing adalah suatu strategi pemasaran secara online untuk meningkatkan penjualan melalui bisnis elektronik atau e-commerce. Penjualan suatu produk akan meningkat, jika strategi pemasaran yang digunakan mampu menggaet konsumen untuk membelinya.

Metode internet marketing ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien ketimbang metode pemasaran konvensional, seperti melalui surat kabar ataupun radio. Sebab, biaya yang diperlukan untuk melakukan metode seperti ini terbilang murah dengan cakupan target pelanggan yang jauh lebih luas.

Mengetahui jenis-jenis internet marketing

  1. Web marketing

Berdasarkan namanya, strategi satu ini menggunakan media website untuk melakukan kegiatan pemasaran suatu bisnis. Anda bisa dengan mudah memasarkan produk atau jasa apapun menggunakan website tanpa perlu memikirkan tempat khusus, seperti lahan atau ruko. Tentu saja, dengan cara ini Anda bisa menekan biaya seminim mungkin.

Website juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu media branding yang tepat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan company profile interaktif yang nantinya diatur dalam salah satu halaman website tersebut.

Perlu Anda ketahui, company profile interaktif merupakan salah satu inovasi dalam penanganan branding perusahaan yang terbilang cukup menarik. Pasalnya, company profile jenis ini mampu memunculkan kesan elegan dan berteknologi tinggi pada perusahaan Anda.

Company profile  ini berbasis interaktif yang menitikberatkan pada interaksi penggunanya sehingga pengguna bisa terlibat untuk memilih informasi yang dibutuhkan. Selain itu, mereka juga bisa lebih menikmati informasi yang ada melalui menu yang telah disediakan.

Umumnya, company profile jenis ini dibuat dalam platform flash yang sangat fleksibel dan memiliki kompatibilitas tinggi. Tak hanya itu saja, perubahan logo, gambar, hingga teks penunjangnya bisa dilakukan dengan praktis dan mudah sehingga tergolong efektif serta efisien.

Company profile interaktif semacam ini biasanya melibatkan konseptor, animator 2D & 3D, desainer grafis, narator, video dan audio editor dalam pembuatannya. Tak heran jika pembuatan salah satu jenis media marketing satu ini terkesan rumit dan panjang.

  • Email marketing

Meski tidak sepopuler web marketing, nyatanya penggunaan email marketing masih cukup efektif untuk menjaring calon konsumen. Bahkan, email marketing seperti ini dinilai oleh para internet marketer profesional sebagai media pemasaran terbaik secara online.

Hal ini tak lepas dari email yang merupakan salah satu bentuk media komunikasi online yang bersifat cukup pribadi. Tak heran, jika kemudian email marketing dianggap tepat untuk sejumlah penawaran yang bersifat personal atau eksklusif.

  • Social media marketing

Selain website dan email, teknik online marketing yang saat ini tengah digandrungi oleh para internet marketers adalah social media marketing. Tentu saja, alasan utamanya adalah biaya yang cukup terjangkau. Bahkan, jika semua dikerjakan secara manual, maka tak ada sepeser pun biaya yang dikeluarkan alias gratis.

Apalagi, kekuatan media sosial sebagai media pemasaran tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat modern saat ini adalah pengguna aktif media sosial.

Strategi jitu internet marketing untuk bisnis

Nah, setelah Anda memahami apa itu internet marketing beserta jenis-jenisnya, Anda juga perlu mengetahui strategi untuk melakukannya. Apabila Anda berani melakukan marketing online tanpa strategi yang kuat, maka bisa dipastikan Anda akan kesulitan meningkatkan profit perusahaan.

  • Iklan online

Periklanan online adalah suatu strategi yang paling banyak diminati oleh para internet marketers karena cenderung mudah dan praktis. Tak ada salahnya bagi Anda jika ingin mencoba strategi satu ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan iklan secara online melalui google adword ataupun facebook ads.

  • Membangun komunitas

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membangun suatu komunitas online yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Sebagai contoh, Anda berjualan mainan anak, maka cobalah untuk membuat komunitas dari produk-produk yang Anda jual tersebut.

  • Riset pasar

Melalui komunitas yang telah Anda bangun di atas, Anda bisa melakukan riset tentang produk atau layanan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

  • Promosi

Jangan lupa, promosi adalah kunci. Anda bisa melakukan soft selling promotion atau promosi secara halus. Anda hanya perlu membagikan informasi bermanfaat yang ujung-ujungnya menyarankan pembaca untuk membeli produk tersebut.

Demikian jenis-jenis internet marketing yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan profit perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *